Mengenal Stock opname dan seberapa Pentingnya

Mengenal Stock opname dan seberapa Pentingnya

Mengenal Stock opname dan seberapa Pentingnya

Mengenal Stock Opname Lebih Dalam dan Seberapa Pentingnya

Bagi Anda yang sudah terjun dalam dunia bisnis pergudangan pastinya tidak asing lagi mendengar kata stock opname. Inventarisasi harus dilakukan secara berkala untuk mewujudkan pengelolaan operasional baik. Kegiatan ini membutuhkan banyak waktu, tenaga, dan pikiran karena bisa diprediksi kapan kegiatan akan selesai. Para pelaku dapat menyelesaikan inventarisasi dengan cepat apabila mereka teliti memeriksa menghitung barang.  
Kebanyakan orang pernah mendengar kata stock opname, namun ada pula yang masih asing dengan kata ini. Bagi Anda yang ingin mencoba terjun ke dunia bisnis pergudangan tentunya harus mengetahui tentang stock opname dan betapa pentingnya hal tersebut bagi Anda. Kami akan membahasnya satu per satu agar Anda dapat lebih memahami dan menjalankan operasional bisnis Anda dengan sempurna.  

 

portrait-asian-woman-business-owner-using-digital-tablet-checking-amount-stock-product-inventory-shelf-distribution-warehouse-factorylogistic-business-shipping-delivery-service.jpg

Apa itu Stockopname?  

Manajemen persediaan atau yang lebih dikenal dengan stock opname merupakan suatu bentuk penghitungan persediaan barang yang masih tersimpan di gudang agar pada saat dipasarkan ke konsumen, barang tersebut dalam keadaan baik. Rincian kegiatan seperti menghitung jumlah barang yang tersedia, memeriksa barang, dan menata kembali barang ke tempat semula.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meminimalisir resiko selisih jumlah fisik barang dengan perhitungan stok barang yang telah dilakukan sehingga kegiatan ini sering dilakukan hingga 2 kali dalam 1 hari. Ketika jumlah perhitungan tidak sesuai dengan fisik barang, proses bisnis menjadi terganggu. Dengan mengetahui jumlah stok barang, pelaku bisnis dapat memperkirakan kapan waktu yang tepat untuk merevisi stok barang.

 

Peran Penting Stockopname                                               

Walaupun kegiatan ini cukup menyita waktu, tenaga dan pikiran, namun ternyata memiliki peranan penting yang tentunya mempengaruhi operasional bisnis Anda. Lalu apa peran pentingnya? Berikut penjelasannya.                    

1. Mengetahui Kondisi Fisik Stok Barang                  

Jika seorang pebisnis rutin melakukan kegiatan pengecekan jumlah stok barang, maka secara tidak langsung Anda juga mengetahui bagaimana kondisi barang yang Anda miliki sehingga Anda bisa menilai hasil kinerja dari usaha yang telah dilakukan. Apakah pengelolaan persediaan yang dilakukan cukup efektif atau belum?                  

2. Mencegah Perbedaan dengan Mengecek Ulang Jumlah Barang                  

Dalam melaksanakan kegiatan tersebut pasti terdapat sejumlah ketidaksesuaian antara jumlah barang yang dicatat dengan pemeriksaan fisik yang telah dilakukan. Kejadian seperti ini sangat sering terjadi, apalagi jika Anda melakukan perhitungan secara manual. Tentunya dibutuhkan tenaga yang besar dan pikiran yang jernih untuk melakukan analisanya.                                              

3. Mencegah Penggelapan Barang                  

Adanya tindakan penggelapan barang mempunyai potensi besar terhadap jumlah persediaan barang karena dapat mengakibatkan ketidaksesuaian jumlah stok barang. Hal ini tentunya akan mempengaruhi ketersediaan barang yang akan dipasarkan. Oleh karena itu, jumlah barang harus dicatat dengan baik.                                             

Nah, itulah pembahasan mengenai apa itu stock opname dan betapa pentingnya bagi para pebisnis. Bagi Anda yang masih bingung khususnya dalam hal penyewaan gudang dan sistem pengelolaan gudang, Solusi Gudang adalah solusinya! Solusi Gudang menawarkan beragam pilihan untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Lihat informasi lebih lanjut di sini!                 

TEMUKAN PROPERTI DI KOTA PILIHAN ANDA