CATAT! Ini dia 7 tips untuk menghemat biaya operasional gudang agar lebih efektif

CATAT! Ini dia 7 tips untuk menghemat biaya operasional gudang agar lebih efektif

CATAT! Ini dia 7 tips untuk menghemat biaya operasional gudang agar lebih efektif

workers-with-hardhats-reflective-jackets-walking-through-big-warehouse-aisle-checking-goods-condition.jpg

Gudang merupakan salah satu elemen krusial dalam menjalankan suatu usaha untuk menyimpan stok barang, sehingga biaya pengelolaan gudang juga perlu diperhatikan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan keuntungan dengan cara mengurangi penggunaan biaya gudang atau biaya operasional gudang.   

Kita bisa menjaga biaya operasional agar lebih efisien serta memperhatikan kualitas dan kinerja pergudangan sehingga kita bisa mengalokasikan dana untuk kepentingan lain yang lebih mendesak. Apa saja tips menghemat biaya operasional gudang? Mari simak informasi berikut!                

1. Mengoptimalkan Sistem Penyimpanan Area Gudang   

Area pergudangan dapat dioptimalkan dengan cara menata tata letak gudang dengan baik dengan cara yang paling efektif untuk menghindari penambahan luas gudang akibat penghematan.   

Pengelompokan barang dengan berbagai jenis dapat menggunakan cara-cara seperti penyimpanan acak, sistem lokasi tetap, dan wilayah kerja tetap. Selain itu, pemeriksaan dan penyortiran barang juga penting. Hindari menyimpan dan menumpuk barang yang tidak sesuai jenisnya di gudang. Penyimpanan barang yang tidak sesuai jenisnya akan menyebabkan tidak efisiennya penanganan dan pemanfaatan gudang.   

Pentingnya pendataan barang agar mudah dicari dan dijangkau untuk memudahkan petugas gudang agar tidak menghambat proses perpindahan barang.            

worker-operating-forklift-machine-relocating-goods-large-warehouse-center.jpg    
    

2. Efisiensi Pembelian Produk dan Kelola Proses Produksi         

Ketersediaan stok gudang juga perlu diperhatikan, pengelolaan stok yang tidak efektif dapat menyebabkan kekurangan atau kelebihan pasokan barang. Hal ini dapat menimbulkan banyak pengeluaran dan pemborosan dalam hal biaya operasional.   

Kelebihan stok dapat menimbulkan risiko penumpukan produk yang tidak terpakai. Manajemen gudang harus berkomunikasi dengan baik dengan pemasok untuk mengatur ketersediaan barang. Minimnya pasokan itu sendiri mengakibatkan tambahan biaya pengiriman sehingga berdampak pada meningkatnya biaya operasional dari pengadaan barang di gudang itu sendiri.       

                 

medium-shot-woman-wearing-face-mask.jpg

 

 

3. Mengalokasikan Kinerja Karyawan           

Keterlibatan karyawan mempunyai peranan penting dalam menyelamatkan perusahaan. Perusahaan tidak perlu merekrut karyawan baru. Akan lebih baik dan efisien jika memberikan arahan dan mengoptimalkan kinerja pegawai sebelumnya.   

Optimalisasi kinerja karyawan dapat dilakukan jika perusahaan memberikan fasilitas dan dukungan pendukung bagi karyawan, seperti memberikan pelatihan intensif, menekankan SOP, dan menyediakan fasilitas teknologi yang mudah dipahami. Fasilitas pendukung seperti Warehouse Management System (WMS) juga memudahkan karyawan dalam mengelola gudang dengan lebih efektif dan efisien.   

 

employees-working-warehouse.jpg


 4. Meminimalkan Biaya Transportasi dan Operasional                  

Biaya yang wajib dan akan berdampak pada biaya transportasi dan operasional lainnya di gudang adalah listrik, bahan bakar, dan air. Oleh karena itu, untuk meminimalisir biaya transportasi dan operasional, berikut tips menghemat biaya kendaraan dan operasional:   

  • Pilih gudang aset dengan efisiensi bahan bakar lebih.   
  • Efisiensi Rute Pengiriman   
  • Pengendalian Kegiatan Pergudangan   

Penggunaan listrik, bahan bakar, dan air sesuai kebutuhan sangat diperlukan agar tidak terjadi pembengkakan anggaran setiap tahunnya.   

 

employees-checking-delivery-list.jpg

 

5. Bernegosiasi dengan Vendor dan Pemasok                 

Bernegosiasi dengan vendor dan pemasok untuk mencapai harga yang lebih efisien dengan tetap menguntungkan kedua belah pihak tanpa mengurangi kualitas atau layanan produk.   

Menawarkan kerja sama yang lebih besar kepada pemasok untuk mendapatkan pemutusan hubungan kerja atau kontrak kerja jangka panjang. Pastikan juga pembayaran kepada pemasok atau vendor tepat waktu untuk membangun kepercayaan dan dapat bekerja sama dengan lebih baik serta menjaga kualitas.           

         managers-controlling-distribution-checking-inventory-warehouse-storage.jpg    
    

6. Diskusikan kepada para Karyawan      

Karyawan merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan dan evaluasi suatu usaha atau perusahaan. Karyawan mengetahui betul bagaimana suatu bisnis dapat berjalan maksimal, terutama karyawan gudang yang memahami permasalahan dalam operasional gudang.    
Berdiskusi dan mendengarkan masukan karyawan akan memudahkan dalam mengidentifikasi kendala atau permasalahan pada saat produksi atau logistik. Mengetahui penyebabnya memudahkan dalam mencari solusi dan strategi untuk lebih menghemat waktu, biaya, dan tenaga.   

                 

people-taking-care-warehouse-logistics.jpg

7. Memanfaatkan Bantuan Teknologi         

Pemanfaatan teknologi di era digital saat ini juga dapat membantu efisiensi dan produktivitas kerja. Pemanfaatan teknologi juga membantu dalam pembuatan produk atau pendataan produk di gudang dan memudahkan aktivitas di gudang.   

Salah satu pemanfaatan teknologi adalah sistem Enterprise Resource Planning (ERP) yang dikenal luas dapat menghemat biaya operasional dalam jangka panjang.   

                

medium-shot-man-with-tablet.jpg

 

Dari beberapa tips diatas, untuk menghemat biaya operasional gudang juga diperlukan strategi yang tepat, tidak harus menekan biaya operasional gudang. Jika rekomendasi di atas masuk akal, maka akan meningkatkan profitabilitas dalam jangka panjang.   

Dalam hal penghematan biaya operasional gudang, yang terpenting adalah menjaga kualitas produk dan pelayanan kepada pelanggan. Karena kualitas produk dan pelayanan kepada pelanggan menjadi kunci dalam membangun kerjasama bisnis dan loyalitas konsumen terhadap produk atau jasa kita. Solusi Gudang menawarkan layanan sewa gudang terbaik dan layanan operasional gudang terbaik dengan pengelolaan gudang yang efektif dan efisien.                 
    

TEMUKAN PROPERTI DI KOTA PILIHAN ANDA